Sabtu, 14 September 2013

PROPOSAL





Nomor             : 09/PMU/PPMU/VIII/2013
Lampiran         : 4 lembar
Perihal             : Permohonan Bantuan Dana

Kepada
Yth. Bpk/Ibu   :

Assalamualaikum Wr. Wb.
            Teriring do’a semoga Alloh SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan amaliyah sehari-hari amin ya robbal alamin.
            Misi pembangunan manusia adalah membangun manusia seutuhnya dan meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, jasmani maupun rohani, guna mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang di ridhoi Alloh SWT .
Sehubungan dengan maksud diatas, pembangunan PonPes “Miftahul Ulum” di desa Badal Pandean kec. Ngadiluwih kab. Kediri, merupakan sarana vital bagi masyarakat sekitar untuk tempat pendidikan dan sentral organisasi keagamaan di desa Badal Pandean dan sekitarnya.
            Dan pembangunan tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp. 177.000.000 (seratus tujuh puluh tujuh juta rupiah)
Oleh sebab itu, demi kelancaran aktivitas tersebut kami memohon kerelaan keikhlasan dari Bpk/Ibu/Sdr dalam memberikan bantuan untuk membangun Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” tersebut.
            Demikian surat ini kami sampaikan, atas bantuan dan partisipasinya kami ucapkan banyak terima kasih, semoga Alloh SWT membangun rumah bagi Anda di surga, amin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.





Kediri, 05 Agustus 2013


Ketua Panitia                                                                                     Sekretaris



MOH SYAMSUL ARIFIN, SP                                           MOH SULTON FACHRUDDIN, SE

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Term of Reference (TOR)
Pembangunan Pondok Pesantren Miftahul Ulum (PPMU)


I.             Dasar Pemikiran
Sebuah Era Baru yaitu Globalisasi telah ada di depan mata. Genderang era ini telah di tabuh di mana-mana dan khususnya Indonesia.Ada tiga golongan yang muncul dan terdikotomi dengan sendirinya dalam memandang Globalisasi. Pertama adalah golongan Hyperglobalisme adalah golongan yang optimis melihat Globalisasi sebagai sebuah era pencerahan ( aufklarung ) bagi sebuah tatanan baru. Golongan kedua hadir sebagai antitesis golongan pertama. Golongan ini mengambil posisi antagonis atas hadirnya Globalisasi karena disinyalir Globalisasi merupakan kendaraan negara-negara Adi Kuasa ( AS, Uni Eropa, Jepang ) untuk menjalankan misi penjajahan barunya ( Neo Imperalisme ).
Sementara Golongan Ketiga terdiri dari orang-orang skeptis dalam memandang globalisme. Di satu sisi golongan ini selalu bersikap kritis atas segala propaganda Globalisasi di samping adanya rasa kesadaran bahwa negara ini tidak mungkin menghindari arus Globalisasi.
Sikap kritis ini patut terus kita lakukan, mengingat bahwa bagaimanapun juga Propaganda ini memang hadir dari negara Barat, dan Ekspektasi yang berlebihan dan membabi buta akan membawa bencana bagi bangsa kita. Dan yang kedua, kita harus tetap realistis, bahwa kendaraan ini tidak mungkin kita bendung kedatangannya. Akhirnya yang kita perlukan disini adalah kesiapan kita sebagai bangsa untuk menerima ini sekaligus membentengi diri dari pengaruh yang mengancam kedaulatan negara dan menegaskan kearifan lokal sebagai identitas bangsa.
   Dalam dunia pendidikan ikhtiar mempersiapkan generasi bangsa untuk menghadapi era Globalisasi memang dilakukan begitu gencar, hal ini dapat dilihat dengan kewajiban dari setiap santri untuk mempelajari Bahasa Inggris yang notabene adalah bahasa Internasional. Kemudian konsentrasi besar dari materi pelajaran sains dan tekhnologi terkonsepsikan dalam rangka persiapan era baru ini. Langkah ini baik pada satu sisi tapi ada yang begitu mengkhawatirkan dalam sistem pendidikan kita.
Dominasi materi-materi bernuansa global dan terpinggirkannya materi-materi sejarah, pendidikan moral dan Agama akan menggiring kemodernan / kemajuan sebuah bangsa menuju jurang yang menyengsarakan. Sistem pendidikan yang hanya berkonsentrasi pada pengolahan otak dengan tidak di imbangi pengolahan hati sekan menyingkirkan pendidikan ahlak hanya akan membawa sebuah peradapan yang destruktif. Maka sejatinya perlu sekali kita mendekonstruksikan sistem pendidikan kita agar pengolahan hati, otak  dan perbuatan belaju seimbang.


Kondisi Gedung
Mengingat kondisi gedung Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” yang tidak layak pakai dan masih perlu perbaikan yang signifikan dan kurang memadai untuk menampung para santri karena kondisinya yang terlalu sempit apalagi jika musim penghujan tiba masih banyak air hujan yang masuk ke dalam ruangan gedung sehingga sangat mengganggu proses belajar mengajar, maka perlu adanya perbaikan-perbaikan gedung yang semakin tua dan jumlah santri yang semakin meningkat
Berangkat dari hal inilah maka kami berikhtiar membangun sebuah pondok pesantren sebagai  pondasi sebuah generasi pada realitas yang menuntut untuk bekerja keras menerima Globalisasi sebagai sebuah realitas sekaligus mengingatkan sebuah generasi akan tanggung jawab dia sebagai umat manusia dan insan dari sebuah bangsa yang faham atas nilai-nilai moral, kearifan lokal dan nilai-nilai agama.
Disinilah sangat diperlukan kehadiran Pondok Pesantren Putra maupun Putri. Dengan sangat mendesaknya masyarakat untuk segera berdirinya Pondok Pesantren sebagai sarana pendidikan agama yang kelak mampu melahirkan generasi-generasi tangguh yang memahami ilmu pengetahuan agama dan budi pekerti luhur dan kelak dapat menjadi manusia seutuhnya yang Rahmatan Lil Alamin.

II.          Nama Kegiatan
Proyek Pembangunan Sarana & Prasarana Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” yang meliputi : Gedung, Kantor, Kitab, alat tulis, dan lain-lain.

III.       Tujuan
Berdasarkan pemikiran sebagaimana tertulis diatas, pembangunan Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” bertujuan :
1.      Mempersiapkan generasi bangsa yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya dan dapat bertarung dalam Era Globalisasi dengan tetap memegang nilai-nilai agama dan kearifan lokal
2.      Memberikan pembelajaran bagi para orang tua wali murid untuk dapat mendidik anaknya sejak dini agar dapat menjadi manusia-manusia unggul dalam menghadapi kerasnya kehidupan.
3.      Memberika solusi bagi masyarakat sekitar yang harus bekerja penuh dan hanya memiliki sedikit waktu bagi anaknya yaitu pemuda calon generasi bangsa.
4.      Membangkitkan kesadaran masyarakat tentang makna Globalisasi berdasarkan Filosofi Pancasila, Agama, Etika Universal dan Adat Istiadat masyrakat Indonesia.

IV.       Tempat
Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” ini bertempat di desa badal pandean kecamatan ngadiluwih kabupaten kediri

V.          Sususnan Panitia
Susunan Kepanitiaan Pembangunan Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” sebagaimana terlampir.

VI.       Sumber Dana
Sumber dana kegiatan ini diperoleh dari sumbangan donatur yang halal dan tidak mengikat.

VII.    Anggaran Biaya
Rencana anggaran dana proses pembangunan Pondok Pesantren “Miftahul Ulum”  sebesar Rp.  177.000.000,- ( seratus tujuh puluh tujuh juta rupiah ).

VIII. Penutup
Demikian proposal pembangunan gedung Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” dibuat sebagai acuan dalam melaksanakan pembangunan dan sebagai bahan pertimbangan bagi para dermawan yang ingin berpartisipai dalam pembangunan tersebut. Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan kemudahan, pertolongan, rahmat, taufik dan hidayah-NYA kepada kita sehingga pembangunan gedung Pondok Pesantren “Miftahul Ulum” dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana. Amin Yaa Robbal ’Alamin.

Kediri, 05 Agustus 2013

PANITIA PELAKSANA




MOH SYAMSUL ARIFIN, SP
Ketua Pelaksana





MOH SULTON FACHRUDDIN, SE
Sekretaris


Mengetahui,
Pengasuh



MOH YAHYA

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SUSUNAN PANITIA
PEMBANGUNAN GEDUNG PONDOK PESANTREN “ MIFTAHUL ULUM “
DS. BADAL PANDEAN KEC. NGADILUWIH KAB. KEDIRI


PELINDUNG            : BAMBANG WIDODO (Kades Bapal Pandean)
PENASEHAT           : MOH. YAHYA
KETUA                      : MOH SYAMSUL ARIFIN, SP
SEKRETARIS          : MOH SULTON FACHRUDDIN, SE
BENDAHARA          : ABDUL ROSAD
SEKSI-SEKSI
A. SEKSI PERENCANAAN & PELAKSANAAN
1. ARI
2. ANWAR
3. ABDUL HARIS
B. SEKSI USAHA
1. HARUN
2. PUJI
C. SEKSI PEMBANTU UMUM
1. SUBHAN
DEVISI PENGEMBANGAN
1. PURIN
2. ANDIKA

RENCANA ANGGARAN BIAYA
PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN “ MIFTAHUL ULUM “
DS. BADAL PANDEAN KEC. NGADILUWIH KAB. KEDIRI

NO    URAIAN PEKERJAAN                        SAT  VOLUME  HARGA SAT   JUMLAH   TOTAL   I   PEKERJAAN PENDAHULUAN                   
1    Uitzet, Pas, Profil, dll.                                  Ls.        1              410,028            410,028   
                                                                                                                                                    410,028
   I   PEK. TANAH                   
1    Galian tanah                                                M3.        65        11,800            767,000   
2    Urugan tanah kembali                                M3.        16          3,970              63,520   
3    Urugan tanah kembali                                M3.        29        25,720            745,880   
4    Pasir                                                            M3.          5           2,750        137,600   
                                                                                                                                                 1,714,000
   III    PEK. PASANGAN                   
1    Pas. Batu kosongan                                   M3.        14         80,650     1,129,100   
2    Pas. Batu kali 1:4                                       M3.        31        248,240     7,695,440   
3    Pas. Batu merah 1:4                                  M3.        34        278,606     9,472,604   
4    Plesteran 1:3                                              M3.        570          12,500     7,125,000   
5    Pek. Betom bertulang 1:2:3                      M3.        35             2,019,434         70,680,190   
6    Pas. Lantai kermik                                    M2.        237          46,750     1,079,750   
7    Pas. Lantai batu merah                             M2.        218          25,907     5,647,726   
                                                                                                                                           112,829,810
   IV    PEK. KAYU    M3.               
1    Pas. Gording kayu balau                          M3.        2        3,483,400    6,966,800   
2    Pas. Kusen pintu jendela ky kamper       M2.        0.8        8,218,000    6,574,400   
3    Pas. Daun pintu panil                               M2.        17           404,100    6,869,700   
4    Pas. Daun jendela kaca jati                     M2.        27           318,000    8,586,000   
5    Pas. Usuk + reng balau                            M2.        126             27,650    3,483,900   
6    Pas. Pyan eternit                                      M2.        166             30,014    4,982,324   
7    Pas. Lisplank kamper                              M2.        9           100,028       900,252   
8    Pek. Sandaran                                           M          40           200,000    8,000,000   
                                                                                                                                              46,363,376
   V    PEK. CAT-CATAN                   
1    Cat kilap                                                  M2.        110             21,034    2,313,740   
2    Cat tembok                                              M2.        675               6,458    4,359,150   
3    Cat tembok eternit                                  M2.        286               4,686    1,340,196   
                                                                                                                                                 8,013,086
   VI    PEK. ATAP                   
1    Pas. Genteng prentul                              M2.        126             23,010    2,899,260   
2    Pas. Genteng bumbung sejenisnya        M2.        14             21,460       300,440   
3    Pas. Talang                                              M           44             51,875    2,282,500   
                                                                                                                                                5,482,200
   VII    PEK. LAIN-LAIN                   
1    Slot pintu 2x putaran                              Bh           8             60,000       480,000   
2    Esel pintu                                                Stel         17             10,000       170,000   
3    Grendel jendela                                      Bj            11        7,500,000         82,500   
4    Esel jendela                                            Bh            55               6,000       330,000   
5    Grendel jendela                                      Bj            55               5,000       275,000   
6    Hag angin                                               Stel          55             10,000       550,000   
7    Bougel kuda-kuda                                 Unit           3           100,000       300,000   
                                                                                                                                                  2,187,500
    J U M L A H                                                                                                                    177,000,000
                              
    Terbilang (Seratus tujuh puluh tujuh juta rupiah)   



               
                                            Kediri, 05 Agustus 2013   
                                            Ketua Panitia Pembangunan   
                       

                       
                                            MOH SYAMSUL ARIFIN, SP


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

REKAPITULASI


1. PEKERJAAN PENDAHULUAN                                      : Rp.          410.028
2. PEKERJAAN TANAH                                                      : Rp.       1.714.000
3. PEKERJAAN PASANGAN / BETON                              : Rp.   112.829.810
4. PEKERJAAN KAYU                                                        : Rp.     46.363.376
5. PEKERJAAN CAT                                                            : Rp.       8.013.086
6. PEKERJAAN KAP / ATAP                                               : Rp.       5.482.200
7. PEKERJAAN LAIN - LAIN                                             : Rp.       2.187.500
                                                                                                         177.000.000
Terbilang : Seratus Tujuh Puluh Tujuh Juta  Rupiah




                                                                                                Kediri, 05 Agustus 2013
                                                                                                Ketu Panitia


                                                                                                     ( MOH SYAMSUL ARIFIN, SP)



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------






                                                         RENCANA  ANGGARAN  BIAYA  ( RAB )









Program : PENGADAAN MCK PONPES MIFTAHUL ULUM


Kegiatan :





Pekerjaan :





Sumber Dana :














NO JENIS PEKERJAAN SAT KONTRAK
VOLUME JUMLAH HARGA
1 2 3 4 5 6 7
A  PEKERJAAN PERSIAPAN           
1 Papan Nama Proyek Ls            1.00         250,000.00         250,000.00  
2 Pembersihan Lokasi / Potong pohon Ls            9.00             6,400.00           57,600.00  
 


     JUMLAH A                 307,600.00
B   PEKERJAAN BANGUNAN           
I  PEKERJAAN TANAH           
1  Galian Tanah Pondasi  m3          7.332           16,320.00         119,658.24  
2  Urugan Tanah Kembali  m3          3.340             7,822.00           26,125.48  
3  Timbunan Tanah ( bekas tnh galian )  m3          2.250           11,080.00           24,930.00  
4  Urugan Pasir Bawah Pondasi  m3          0.540         103,360.00           55,814.40  
5  Urugan Pasir Bawah Lantai  m3          0.860         103,360.00           88,889.60  
6  Pembuangan Tanah  m3          1.742           12,130.00           21,130.46  
 


     JUMLAH I                 336,548.18
II  PEKERJAAN PASANGAN DAN PLESTERAN           
1  Pas. Pondasi Batu Kali 1 PC : 4 PS  m3          5.200         550,647.00      2,863,364.40  
2  Pas. Aanstampeng  m3          1.620         262,760.00         425,671.20  
3  Pas. Dinding Batako 1 : 4  m2        22.654           40,487.20         917,197.03  
4  Plesteran 1 : 5  m2        30.878           24,000.00         741,072.00  
5  Plesteran Trassram 1 : 3  m2        14.430           26,560.00         383,260.80  
 


     JUMLAH II              5,330,565.43
III  PEKERJAAN BETON           
1  Beton Sloof 15/20   m3          0.360         810,530.00         291,790.80  
2  Pembesian      kg        58.140           11,690.00         679,656.60  
3  Begesting      m2          4.800           39,540.00         189,792.00  
4  Kolom 12/12     m3          0.320         810,530.00         259,369.60  
5  Pembesian      kg        68.240           11,690.00         797,725.60  
6  Begesting      m2          5.330           39,540.00         210,748.20  
7  Beton Ring      m3          0.210         810,530.00         170,211.30  
8  Pembesian      kg        38.120           11,690.00         445,622.80  
9  Begesting      m2          3.530           39,540.00         139,576.20  
 


     JUMLAH III              3,184,493.10
IV  PEKERJAAN ATAP           
1  Kayu Rangka 6/12 Kruing  m3          0.086      7,918,710.00         684,176.54  
2  Pas. Atap Asbes Gelombang  m2        12.390           55,946.00         693,170.94  
3  Pas. Genteng Bubung  m'          3.000         109,730.00         329,190.00  
4  Pas. Lisplank Woodplank  m'          3.000           25,000.00           75,000.00  
5  Pas. Eternit      m3        10.995           19,750.00         217,151.25  






 JUMLAH IV              1,998,688.73









V  PEKERJAAN KUSEN,PINTUDANJENDELA               
1  Kusen Pintu PVC      m3          2.000         325,000.00         650,000.00  
             JUMLAH V                 650,000.00
VI  PEKERJAAN LANTAI               
1  Pas. Lantai Keramik 20 x 20 cm      m2          4.995         112,150.00         560,189.25  
2  Pas. Keramik Lantai 30 x 30       m2          3.273         103,472.00         338,612.12  
3  Pas. Dinding Keramik 20 x 25      m2        14.430         109,388.75      1,578,479.66  
             JUMLAH VI              2,477,281.03
VII  PEKERJAAN SANITER               
1  Pasang Klosed Jongkok      unit          2.000         277,590.00         555,180.00  
2  Pas. Peturasan Stainless      bh          2.000           21,300.00           42,600.00  
3  Pas. Floor Drain Stainless      bh          2.000           56,400.00         112,800.00  
4  Pas. Kran1/2"      unit          2.000           40,290.00           80,580.00  
5  Pas. Pipa PVC 1/2"      m'        47.150           22,240.00      1,048,616.00  
6  Peresapan Dan Septictank      unit          1.000      3,500,000.00      3,500,000.00  
             JUMLAH IV              5,339,776.00
VIII  PASANG PAVING STONE               
1  Galian Tanah       m3          0.535           16,320.00             8,735.69  
2  Pembuangan Tanah      m3          0.535           12,130.00             6,492.89  
3  Timbunan Pasir      m3          1.260         103,360.00         130,215.00  
4  Pas. Bata Merah 1 : 6      m2          7.137           68,935.44         491,992.24  
5  Plesteran 1 : 6      m2          7.137           23,260.00         166,006.62  
6  Pas. Paving      m2        13.998           77,474.60      1,084,489.45  
             JUMLAH VIII              1,887,931.88
IX  PEKERJAAN PENGECATAN               
1  Pengecatan Tembok Baru      m2        30.878           11,360.00         350,774.08  
2  Pengecatan Langit- Langit      m2        10.995           12,970.00         142,605.15  
3  Cat Lisplank      m2          1.050           49,603.00           52,083.15  








             545,462.38








        22,058,346.73








 
1 UNTUK 1 UNIT 


   22,058,346.73
2 RENCANA PENGADAAN PEMBGN MCK





PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SEJUMLAH

8 UNIT JMLH  176,466,774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar